Minggu, 12 Mei 2013

SPIRITUAL


BAB I 
PENDAHULUAN
1.1 A. Latar Belakang
Nilai yang membentuk dan mempengaruhi kehidupan kita adalah nilai keabadian dan kesehatan. Kesehatan seseorang bergantung pada keseimbangan variabel fisik, psikologis, sosialogis, kultural, perkembangan dan spiritual. Perawat mempunyai pendekatan tradisional mendekati promosi kesehatan melalui perspektif holistik. Asumsi mendasar tentang holisme adalah keyakinanan dimana indivdu tidak dapat membaginya menjadi bagian komponen ; individu secara keseluruhan lebih besar daripada jumlah bagian - bagian ( Mansen, 1993 ).
Kesejahteraan spiritual adalah suatu aspek yang terintegrasi  dari manusia secara keseluruhan, yang ditandai oleh makna dan harapan ( Clark et al, 1991 ). Spiritualitas memberi dimensi luas pada pandangan holistik kemanusiaan. Agar perawat memberikan peratawatan yang berkualitas, mereka harus mendukung klien seperti halnya ketika mereka mengidentifikasi dan mengeksplorasi apa yang sangat bermakna dalam kehidupan mereka dan ketika mereka menemukan cara untuk mengadaptasi nyeri dan menderita penyakit. Keperawatan membutuhkan keteramilan dalam perawatan spiritual. 
B. RumusanMasalah
Bagaimana keyakinan spiritual mempengaruhi kehidupan setiap orang?
C. Tujuan
Mengetahui pentingnya Setiap perawat harus memahami tentang spiritualitas.
D. Manfaat
1. Bagi Penulis
Menambah wawasan pengetahuan dan ilmu keperawatan.
2. Bagi Pembaca
Memberikan wawasan tentang peran dan fungsi perawat, serta memahami kesehatan siritual yang perlu diterapkan bagi perawat atau calon perawat.

BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Perkembangan Spiritual
Perkembangan spiritual seeorang menurut Westerhoff’s dibagi kedalam empat  tingakatan berdasarkan katagori umur, yaitu :
1. Usia anak – anak, merupakan tahap perkembangan berdasarkan pengalaman. Perilaku yang didapat, antara lain : adanya pengalaman dari interaksi dengan orang lain dengan keyakinan atau kepercayaan yang dianut. Pada masa ini, anak belum mempunyai pemahaman salah atau benar. Kepercayaan  atau keyakinan yang ada pada masa ini mungkin hanya mengikuti  ritual atau meniru orang lain, seperti berdoa sebelum tidur  dan makan, dan lain – lain. Pada masa prasekolah, kegiatan keagamaan yang dilakukan belum bermakna pada dirinya, perkembangan spiritual mulai mencontoh aktivitas keagamaan orang sekelilingnya, dalam hal ini keluarga. Pada masa ini anak – anak biasanya sudah mulai bertanya tentang pencipta, arti doa, serta mencari jawaban tentang kegiatan keagamaan.
2. Usia remaja akhir, merupakan tahap perkumpulan kepercayaan yang ditandai dengan adanya pertisipasi aktif pada aktivitas keagamaan. Pengalaman dan rasa takjub membuat mereka semakin merasa memiliki dan berarti akan keyakinannya. Perkembangan spiritual pada masa ini sudah mulai pada keinginan akan pencapaian kebutuhan spiritual seperti keinginan melalui meminta atau berdoa kepada penciptanya, yang berarti sudah mulai membutuhkan pertolongan melaui keyakinan atau kepercayaan. Bila pemenuhan kebutuhan spiritual tidak terpenuhi, akn timbul kekecewaan.
3. Usia awal dewasa. Merupakan masa pencarian kepercayaan dini, diawali dengan proses pertanyaan akan keyakinan atau kepercayaan yang dikaitkan secara kognitif sebai bentuk yang tepat untuk mempercayainya. Pada masa ini, pemikiran sudah bersifat rasional. Segala pertanyaan tentang kepercayaan   harus dapat dijawab secara rasional. Pada masa ini, timbul perasaan akan penghargaan terhadap kepercayaannya.
4. Usia pertengahan dewasa, merupakan tingkatan kepercayaan dari diri sendiri, perkembangan ini diawali dengan semakin kuatnya kepercayaan diri yang dipertahankan walaupun menghadapi perbedaan keyakinan yang lain dan lebih mengerti akan kepercayaan dirinya.
Factor – factor yang Mempengaruhi Kebutuhan Spritual
1. Perkembangan. Usia perkembangan dapat menentukan proses pemenuhan kebutuhan spiritual, karena setiap tahap perkembangan memiliki cara meyakini kepercayaan terhadap Tuhan.
2. Keluarga. Keluarga memiliki peran yang cukup strategis dalam memenuhi kebutuhan spiritual, karena keluarga memiliki ikatan emosional yang kuat dan selalu berinteraksi dalam kehidupan sehari – hari.
3. Ras /  suku. Ras / suku  memiliki keyakinan / kepercayaan yang berbeda – beda, sehingga proses pemenuhan kebutuhan spiritual pun berbeda sesuai dengan keyakinan yang dimiliki.
4. Agama yang dianut. Keyakinan pada agama tertentu yang dimiliki oleh seseorang dapat menentukan arti pentingnya kebutuhan spiritual.
5. Kegiatan keagamaan. Adanya kegiatan keagamaan dapat selalu mengingatkan  keberadaan dirinya dengan Tuhan, dan selalu mendekatkan diri kepada penciptanya.
Beberapa Peran yang Membutuhkan Spiritual
1. Pasien kesepian. Pasien dalam keadaan kesendirian dan tidak ada yang menemani akan membutuhkan bantuan spiritual karena mereka merasakan tidak ada kekuatan selain kekuatan Tuhan, tidak ada yang menyertainya selain Tuhan.
2. Pasien ketakutan dan cemas. Adanya ketakutan dan kecemasan dapat menimbulakan perasaan kacau, yang dapat membuat pasien membutuhkan ketenangan pada dirinya, dan ketenangan yang paling besar adalah bersama Tuhan.
3. Pasien menghadapi pembedahan. Menghadapi pembedahan adalah sesuatu yang sangat mengkhawatirkan karena akan timbul perasaan anatara hidup dan mati. Pada saat itulah keberadaan pencipta dalam hal ini adalah Tuhan sangat penting sehingga pasien selalu membutuhkan bantuan spiritual.
4. Pasien yang mengubah gaya hidup. Perubahan gaya hidup dapat membuat seseorang lebih membutuhkan  keberadaan Tuhan ( Kebutuhan spiritual ). Pola gaya hidup dapat membuat kekacauan keyakinan bila ke arah yang lebih buruk. Akan tetapi bila perubahan gaya hidup ke arah yang lebih baik, maka pasien akan lebih membutuhkan dukungan spiritual.
Masalah Kebutuhan Spiritual
Masalah yang sering terjadi pada pemenuhan kebutuhan spiritual adalah distress spiritual, yang merupakan suatu keadaan ketika individu atau kelompok mengalami atau resiko mengalami gangguan dalam kepercayaan atau system nilai yang memberikannya kekuatan, harapan, dan arti kehidupan, yang ditandai dengan pasien meminta pertolongan spiritual, mengungkapkan adanya keraguan dalam system kepercayaan, adanya keraguan yang berlebihan dalam mengartikan hidup, mengungkapkan perhatian yang lebih pada kematian dan sesudah hidup.
Adanya keputusan, menolak kegiatan ritual, dan terdapat tanda – tanda seperti menangis, menarik diri, cemas, dan marah, kemudian ditunjang dengan tanda fisik seperti nafsu makan terganggu, kesulitan tidur. Dan tekanan darah meningkat. Distres spiritual terdiri atas :
1. Spiritual yang sakit, yaitu kesulitan menerima kehilangan dari orang yang yang dicintai atau dari penderitaan yang berat.
2. Spitual yang khawatir, yaitu terjadi pertentangan kepercayaan dan system  nilai seperti adanya absorbs.
3. Spiritual yang hilang, yaitu adanya kesulitan menemukan ketenangan dalam kegiatan keagamaan.
Penyakit Akut
Penyakit yang mendadak, yang tidak diperkirakan, yang mengharapkan baik ancaman langsung atau jangka penjang terhadap, kesehatan dan kesejahteraan klien, dapat menimbulkan distress spiritual yang bermakna. Misalnya, pria berusia 40 tahun yang terkena serangan jantung, individu berusia 20tahunan yang menjadi korban kecelakaan kendaraan bermotor, atau wanita  berusia 32 tahun dengan kanker payudarah, semua menghadapi krisis yang mungkin mengancam kesehatan spiritual mereka. Penyakit atau cedera yang dialami dapat dipandang sebagai hukuman, sehingga pasien menyalahkan diri mereka sendiri karena mempunyai kebiasaan kesehatan yang buruk, gagal untuk memetahui  tindak kewaspadaan keselamatan, atau menghindari pemeriksaan kesehatan secara rutin. Konflik dapat beyrkembang sekitar keyakinan individu dan dan makna hidup. Individu mengkin mempunyai kesulitan memandang masa depan dan dapat terpuruk tidak berdaya oleh kedudukan.
Penyakit Kronis
Seseorang yang dengan penyakit kronis sering menderita gejala yang melumpuhkan dan mengganggu kemampuan untuk melanjutkan gaya hidup normal mereka. Kemandirian dapat sangat terancam, yang menyebabkan ketakutan ansietas, kesedihan yang menyeluruh. Ketergantungan pada orang lain untuk mendapat perawatan diri rutin dapat menimbulkan perasaan tidak berdaya dan persepsi tentang penurunan kekuatan batiniah. Seseorang mungkin merasa kehilangan tujuan dalam hidup yang dipengaruhi kekuatan dari dalam yang diperlukan untuk menghadapi perubahan fungsi yang alami. Kekuatan spiritual dapat menjadi factor penting dalam cara seseorang menghadapi perubahan yang diakibatkan oleh penyakit kronis. Keberhasilan dalam mengatasi perubahan yang diakibatkan oleh penyakit kronis dapat menguatkan seseorang secara spiritual. Reevaluasi tentang hidup mungkin terjadi. Mereka yang kuat secara spiritual akan membentuk kembali identitas diri dan hidup dalam potensi mereka.
 Penyakit Terminal
Penyakit terminal umumnya menyebabkan ketakutan terhadap nyeri fisik, ketidaktahuan, dan ancaman terhadap intergritas. Klien mempunyai ketidakpastian tentang makna kematian dan dengan demikian mereka menjadi sengat rentan terhadap distress spiritual. Terdapat juga klien yang mempunyai rasa spiritual tentang ketenangan yang memampukan karena mereka untuk menghadapi kematian.
Fryback (1992) melakukan penelitian untuk mengetahui bagaimana individu dengan penyakit terminal menggambarkan tentang kematian. Klien yang termasuk dalam penelitian mengidentifikasi tiga domain kesehatan sebagai berikut: 
Mental – emosi 
Spiritual 
Fisik 
Domain spiritual dipandang sebagai hal yang penting dalam kesehatan dan mencakup mempunyai hubungan dengan kekuatan yang lebih tinggi, menghargai mortalitas seseorang, dan menumbuhkan aktualisasi-diri. Meski banyak peserta dalam penelitian selalu dating ke gereja atau menyatakan keinginan untuk dating ke gereja, klien lainnya menemukan spiritualitas tidak bergantung pada agama atau gereja. Mereka menghubungkan kesehatan dengan keyakinan dalam kekuatan yang lebih tinggi yang telah memberi mereka kepercayaan dan kemampuan untuk menyintai. Penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa ketika klien yang mempunyai penyakit terminal mempunyai persepsi dalam keadaan tidak sehat, persepsi tersebut bukan karena penyakitnya tetapi karena sedang tidak mampu menjalani hidup mereka dengan sempurna dan tidak mampu melakukan hal-hal yang mereka inginkan. 

Individuasi
Ketika seseorang menjalani hidup mereka, sering mengajukan pertanyaan untuk menemukan dan memahami diri ( mereka ) sebagai hal yang berbeda tetapi juga dalam hubungan dengan orang lain. 
Psikologi Carl Jung ( storr, 1983 ) menggambarkan proses sebagai individuasi seseorang. Juga digambarkan sebagai krisis pertengahan hidup,individuasi umum pada individu usia baya. Induviduasi mungkin di dahului oleh rasa kekosongan dalam hidup atau kurang kemampuan untuk memotivasi diri.
Individuasi adalah pengalaman manusia yang umum yang ditandai oleh kebingungan, konflik, keputusasaan, dan perasaan hampa. Spiritualitas seseorang harus dipertahankan, karena individuasi tampaknya mrndorong sesorang untuk mempertahankan aspek positive, life – asserting dari kepribadian. Kejadian seperti stress, keberhasilan atau kurang berhasil dalam pekerjaan, konflik perkawinan, atau penurunan kesehatan dapat menyebabkan seseorang mencari pemahaman diri yang lebih besar.
Pengalaman Mendekati Kematian
Perawat mungkin menghadapi klien yang telah mempunyai pengalaman mendekati kematian ( NDE / near – death experience ). NDE telah diindentifikasi sebagai fenomena psikologis  tentang individu yang baik telah sangat dekat dengan kematian secara klinis atau mungkin telah pulih setelah dinyatakan mati. NDE  tidak berkaitan dengan kelainan mental ( Basford, 1990 ). Orang yang mengalami NDE setelah henti jantung – paru, misalnya sering mengatakan cerita yang sama tentang perasaan mereka terbang di atas tubuh mereka dan melihat para pemberi perawatan kesehatan melakukan tindakan penyelamatan hidup. Sebagian besar individu menggambarkan bahwa mereka melewati terowongan kea rah cahaya yang terang, dan merasakan ketenangan yang dalam dan damai. Tidak bergerak ke arah cahaya tersebut, sering mereka mengetahui bahwa belum waktunya untuk mati bagi mereka dan mereka kembali hidup.

Perubahan Dalam Keanggotaan Denominasi Atau Perubahan Religi
Melakukan perkawinan denagn seseorang yang berbeda latar belakang agamanya atau pindah ke suatu lingkungan yang tidak mempunyai cabang dari kelompok keagamaan tertentu, akan merasa kehilangan bagi individu. Tentu saja, hal tersebut juga membuka suatu pilihan baru. Jika merasakan kehilangan, maka individu mengalami perpisahan dari komunitas keagamaan  yang di anut sebelumnya ( Turner et al, 1995 ). Kedalaman rasa kehilangan akan dipengaruhi oleh pilihan yang dimiliki individu dalam perubahan dan seberapa fleksibel ekspresi keagamaan seseorang terhadap spiritual dirinya.
Intensifikasi Kepatuhan Terhadap Keyakinan
Turnel et al. ( 1995 ) menuliskan bahwa intensifikasi praktik keagamaan secara sukarela dapat menyebabkan masalah ketika seseorang tidak merasa bebas atau tidak mengetahui bagaimana harus membicarakan tetang aspek keagamaan atau mengintensifikasi praktik keagamaan dalam menghadapi rasa bersalah atau untuk menghadapi trauma yang sulit atau kehilangan. Menjadi lebih telibat dalam praktik keagamaan atau mengekspresikan keyakinan lebih dalam mungkin merupakan suatu cara dalam menemukan makna peristiwa yang menyulitkan atau untuk menguji perkembangan spiritual seseorang.
Kehilangan Atau Mempertanyakan Kepercayaan
Kepercayaan didefinisikan oleh Stuzinski ( 1986 ) sebagai lebih dari sekadar sekumpulan kesehatan. Kepercayaan adalah cara menunjukkan diri seseorang, komunitas seseorang, dan kekuatan yang lebih tinggi sebagai pusat. Seseorang yang berada pada tahap awal perkembangan kepercayaan mereka atau menemukan kepercayaan mereka tertantang oleh kejadian hidup yang penting, dapat menjadi rentan terhadap kehilangan atau keraguan tentang kepercayaan mereka (Turner et al, 1995).
2.2   Proses Keperawatan Dan Spiritualitas
Pada intinya keperawatan adalah komitmen  tentang mengasihi ( caring ). Merawat seseorang adalah suatu proses interaktif yang bersifat individual melalui proses tersebut individu menolong satu sama lain  dan menjadi teraktualisasi ( Clark, et al, 1991 ).
Penerapan proses keperawatan dari perspektif kebutuhan spiritual klien tidak sederhan. Hal ini sangat  jauh dari sekedar mengkaji praktik dan ritual keagamaan klien. Memahami spiritual klien dan kemudian secara tepat mengidentifikasi tingkat dukungan dan sumber yang diperlukan, membutuhkan perspektif baru yang lebih luas. Heliker ( 1992 ) menggambarkan hal ini sebagai bidang yang menyangkut komunitas dan keharuan ( campassion ). Campassion berasal dari bahasa Latin pati dan cum , yang bearti “menderita”, komunitas berasal dari bahasa Latin yang berarti “persahabatan”. Untuk dapat merasa sangat kasihan adalah dengan “memasuki tempat kepedihan, untuk berbagai kehancuran dengan manusia lainnya” (Heliker, 1992).
Ø Pengkajian
Kemampuan perawat untuk mendapatkan gambaran tentang dimesi spiritual klien yang jelas mungkin dibatasi oleh linhkungan dimana orang tersebut mmepraktikkan spiritualnya. Hal ini benar jika perawat mempunyai kontak terbatas dengan klien dan gagal untuk membina hubungan saling percaya, perawat dank lien sampai titik pembelajaran ber spiritualitas yang sama, dan terjadi pengasuhan spiritual. Apa yang dapat diberikan tetapi bagaimana secara sadar perawat mengintergrasikan perawatan spiritual ke dalam prosws keperawatan. Perawata tidak perlu menggunakan alasan “tidak cukup waktu” untuk menghindari pengenalan nilai spiritualitas yang dianut untuk kesehatan klien.
Farran et al (1989 ) telah mengembangkan model untuk pengkajian spiritual yang dapat memberikan gambaran nyata dari domensi spiritual yang hampir pasti selalu dipengaruhi oleh pengalaman, kejadian, dan pertanyaan dalam kejadian penyakit dan perawatan di rumah sakit. Pengkajian menunjukkan kesempatan yang dimiliki perawat dalam mendukung atau menguatkan spiritualitas klien. Pengkajian itu sendiri, dapat menjadi teraupetik karena pengkajian tersebut menunjukkan tingkat perawatan dan dukungan yang diberikan. Perawat yang memahami pendekatan konseptual menyeluruh tentang pengkajian spiritual akan menjadi yang paling berhasil. Inti dari spiritualitas seseorang addalah menyeluruh tidak hanya dalam bagian yang ditunjukkan melalui setiap ketegori pengkajian.
Keyakinan dan Makna
Penting untuk mempelajari tentang filosofi hidup seseorang, perspektif spiritualisasinya, dan apakah pandangan spiritualnya sebagai bagian dari kehidupannya secara keseluruhan. Tanyakan pada klien, ”Dapatkah Anda katakan kepada saya tentang filosofi hidup Anda,”  
“Jelaskan kepada saya apa yang paling penting dalam hidup anda,” Atau “Katakan kepada saya apa yang telah memberi makna atau arti hidup anda” dapat membantu mengkaji apa yang memberi makna hidup seseorang. Informasi ini dapat membantu perawat untuk mengenali fokus spiritual kien dan dampat penyakit atau kecacatan pada kehidupan seseorang. Jika kesehatan seseorang (seperti yang didefinisikan oleh kien) adalah aspek yang paling penting dari hidupnya, maka jelaskan bahwa penyakit akan sangat memberi dampak. Suatu pemahaman tentang  keyakinan dan makna yang mencerminkan sumber spiritual seseorang memudahkan dalam mengatasi kejadian traumatic atau yang menyulitkan.
Fryback (1992) telah mampu memahami dengan lebih baik domain spiritual dengan meminta klien penderita AIDS atau kanker untuk menjawab pertanyaan, “Apakah sehat itu?” Keyakinan tentang kesehatan dapat mempengaruhi pandangan seseorang tentang hidup dan bagaimana ia berespons ketika terjadi penyakit. Bergantung pada praktik keagamaan klien, pandangan tentang kesehatan  dan respons terhadap penyakit dapat mempengaruhi bagaimana perawat dan pemberian perawatan lain memberikan dukungan (Tabel 25-2).
Tabel 25-2  Keyakinan Keagamaan tentang Kesehatan
AGAMA KEYAKINAN PERAWAT KESEHATANRESPONS TERHADAP PENYAKIT
Hindu
Menerima ilmu pengetahuan medis modern
Penyakit disebabkan oleh dosa masa lalu memperpanjang hidup tidak dibenarkan 
Sikh
Menerima ilmu pengetahuan medis modern
WAnita diperiksa oleh wanita melepakan pakaian dalam akan menyebabkan ditres distress yang besar
Budhis 
Menerima ilmu pengetahuan medis modern
Dapat menolak pengobatan pada hari suci Spirit bukan-manusia yang memasuki tubuh dapat menyebabkan penyakit mungkin menginginkan pendeta budha tidak mempraktikkan euthanasia mengizinkan untuk menghentikan pendukung hidup
Shinto
Menerima pengobatan medis modern sejalan dengan tradisi leluhur
Akan tidak mengizikan pengobatan yang “tampak”
Islam
Harus dapat mempraktikkan Lima Rukun Islam (lihat hlm. 573)
Dapat mempunyai pandangan yang fatal tentang kesehatan
Menggunakan keprecayaan sebagai penyembuh anggota keluarga harus tenang
Kelompok pendoa diperkuat mungkin mengizikan penghetian pendukung hidup tidak mempraktikkan euthanasia
Yahudi
Mempercayai sanksi dari kehidupan Tuhan dan kedokteran harus mempunyai keseimbanagn 
Kepatuhan kepada hari sahabat adalah penting tidak melakukan aktivitas pada hari sahabat
Mengunungi orang sakit adalah suatu keajaiban mereka berkewajiban untuk mncari perawatan eunatasia adalah dilarang
Pendukung hidup tidak dibenarkan
Kristen
Menerima ilmu pengetahuan medis modern
Menggunakan doa, kepercayaan sebagai penyembuh Menghargai kunjungan dari gereja
Beberapa mengunakan “penumpang tangan” komunikasi suci umumnya digunakan
Autoritas dan Pembimbing 
Setiap individu  mempunyai suatu sumber autoritas dan pedoman dalam hidupnya. Adalah suatu dari dalam atau autoritas dari luar yang mengarahkan seseorang untuk memilih dan menjalani keyakinannya. Autoritas dapat berupa yang maha kuasa, pemuka agama tertentu, keluarga atau teman, diri sendiri, atau kombinasi dari sumber tersebut. Suatu autoristas memandu seseorang dalam menguji keyakinan dan mengalami pertumbuhan. Mengetahui, sumber autoritas dan pedoman seseorang memberikan arah dalam berinteraksi dengan orang tersebut. Perawat dapat mengkaji sumber autoritas dan pedoman seseorang dengan menanyakan klien , “Apa yang memberi  Anda kekuatan dari dalam ” atau ”Kepada apa atau kepada siapa anda mencari bantuan  untuk pedoman dalam hidup Anda?”. Juga penting untuk mengetahui  apakah ada sumber keagamaan yang berkomplik dengan pengobatan medis. Hal ini akan sangat mempengaruhi  pilihan yang diberikan perawat dan pemberi perawat kesehatan lainnya kepada klien. Misalnya, jika klien adalah penganut saksi Yehova sebagai sumber autoritasnya, maka transfuse darah tidak akan diterima sebagai suatu bentuk pengobatan. Cristian scientist menolak intervsi medis, mempunyai bahwa kepercayaan mereka akan menyembuhkan mereka. Penolakan pengobatan meluas sampai pada penerimaan vaksin.
Pengalaman dan Emosi
Farran et al. (1989) merekomendasikan pengkajian spiritual yang mencakup tinjauan tentang riwayat seseorang dengan dengan kapasitas terhadap pengalaman keagamaan dan apakah pengalaman tersebut terjadi mendadak atau bertahap.NDE, perepsi berate dengan kekuatan spiritual,atau kejadian psikis, dan menciptakan perasaan ada kekuatan. Perawat dapat menanyakan, “Pernahkah anda mempunyai pengalaman keagamaan atau piritual yang membuat berbeda dalam Anda menjalini hdup?” perawat menggali emosi atau suasana atau hati seperti kebaha giaan,damai,marah,harapan,rasa bersalah, atau rasa malu yang berkaitan dengan pengalaman keagamaan, informasi tersebut dapat menunjukkan makna spiritualitas yang dianut dan apakah perasaan tersebut menyatu kedalam atau ditolak oleh keyakinan klien. Jika makna dan perasaan tersebut menyatu dalam keyakinan seseorang, maka akses kepengalaman seperti ini dapat menjadi alat dalam penyembuhan,
 Area penting lain dalam pengkajian adalah dampak penyakit terakhir atau perawat dirumah sakit yang diakibatkan pada pengalaman dan emosi religious. Perawat dapat menanyakan, “Apakah ada sesuatu yang mengancam spiritualitas Anda akibat penyakit yang Anda derita?”  Hal ini dapat membantu klien mendiskusikan segala konflik dari dalam atau mengemukakannya jika hubungannya dengan yang maha tinggi atau perasaan atau kemaknaannya telah berubah.
Persahabatan dan Komunikasi
Persahabatan adalah hubungan yang dimiliki oleh seseorang individu dengan orang lain (Farran, et al, (1989), termasuk keluarga langsung klien, teman akrab, rekanan ditempat kerja atau di sekolah, anggota komunitas gereja atau komunitas masyarakat, dan lingkungan tetangga. Secara lebih spesifik, persahabatan ini mencakup komunitas yang lebih luas yang mempunyai kepercayaan sama antara klien dan jaringan pendukung mereka. Komunitas yang mempunyai kepercayaan yang sama dapat menciptakan ikatan yang kuat. Ketika klien mengetahui bahwa orang lain dengan kepercayaan yang serupa menunjukan kepedulian, maka mereka menjadi sumber harapan. Harapan yang berhubungan dengan rasa aling percaya dan raa kehadiran (Clark et al, 1991).
Pengkaji holistik perawat menggali keluasan jaringan dukungan seseorang dan hubungan mereka dengan klien. Apakah klien mempunyai satu hubungan persahabatan atau lebih? Tingkat dukungan apa yang diterima dan komunita ini? Bagaimana komunitas mengekspresikan perasaan tentang perhatian dan sahabat? Apakah mereka mengunjungi, membaca doa, mendukung anggota keluarga langsung klien? Perawat  ingin mempelajari apakah terdapat keterbukaan di antara klien dan individu tersebut dengan dengan siapa klien membentuk persahabatan. Dapatkan klien mengespresikan kebutuhan kepada individu tersebut yang hampir pasti memberikan dukungan dan kasih saying, dan apakah klien merasakan dukungan ini.
Lima rukun Islam 
1. Tidak ada Tuhan selain Allah (Allah satu-satunya Tuhan)
2. Sembahayang wajib (salat) dilakukan lima kali sehari; dini hari,iang,pertengahan sore,
3.  Hari,sore hari, dan malam. Sembahyang harus dilakukan menghadap timur, kearah kiblat (mekah).
4. Untuk berpuasa dari subuh sampai sore setiap hari selama bulan Ramadan, mengikuti kalender tahun perhitungan bulan 
5. Naik haji,atau berjiarah ke Mekah,yang harus dilakukan satu kali dalam hidup, kecuali kesehatan atau kemiskinan menghalangi hal tersebut.
 Ritual dan Ibadat
Kriteria paling umum yang dikaji perawat untuk spiritualitas adalah kebiasaan ibadat dan ritual keagamaan. Ritual mencakup partiipasi dalam anggota kelompok atau pribadi, berdoa sakramen seperti pembabtisan atau komuni, bernyayi, penggunaan Rosario, bermeditasi,pembacaan kitab suci, dan membuat persebahan atau korban. Agama yang berbeda mempunyai berbagai ritual  yang ditetapkan untuk kejadian kehidupan tertentu (Tabel 25-3). Perawat meneliti apakah ritual atau ibadat yang klien anut telah tergantung akibat penyakit atau perawatan di rumah sakit. Suatu ritual dapat memberikan klien struktur dan dukungan Selama masa sulit. Apakah hal ini berlanjut demikian, atau dibutuhkan perubahan sebagai akibat dari penyakit? Klien mungkin juga akan meminta ritual tertentu. Misalnya, muslim mempraktikkan “lima rukun Islam” (lihat kotak di atas) dengan rukun kedua mengharuskan seseorang untuk sembahyang lima kali sehari, menghadap ketimur ( kearah mekah, kota suci mereka). Klien yang beragama Islam mungkin berkeinginan untuk memadukan ritual sembahyang mereka kedalam rutinitas perawat kesehatan. Ketika kematian klien udah dekat,sangat penting artinya untuk mengetahui apakah praktik keagamaan harus dilakukan untuk memastikan ketenangan jika bagi klien dan keluarganya.
Tabel 25-3  Praktik Keagamaan yang berhubungan dengan kelahirn dan kematian 
AGAMA
RITUAL SAAT KELAHIRAN
RITUAL SAAT KEMATIAN
Hindu
Tidak ada ritual khusus
Jenazahmungkin harus dibaringkan di lantai pendeta akan mengikatkan benang sekitar leher atau pergelangan tangan atau ( jangan dilepaskan ) pendeta akan memercikan air dalam mulut klien keluarga akan memandikan jenazah sebelum dikremasi.
Sikh
Mengizinkan ibu dan anak untuk tetap bersama
Mayat akan membutukan kelima Ks; kesh, rambut tidak boleh di gunting; kangra, sisir dari kayu; kara, ikatan pada pergelangan tangan; kirpan, sumpah; kach celana pendek.
Buddhis
Tidak ada ritual khusus pembabtisanpada akhir masa kanak - kanak 
Pendeta harus dipanggil. 
Ritual akhir dan doa disamping tempat tidur .
Penguburan atau kremasi dapat diterima. 
Shinto 
Tidak ada ritual khusus
Semua perhiasan harus dilepaskan, dan jenazah harus dimandikan dan dikenakan pakaian dalam kimono dan sepatu jerami.
Islam
Doa diucapakan dalam telinga bayi
Klien yang sekarat harus mengakui dosa-dosanya .
Jenazah dimandikan dan dibungkus dengan kain putih.
Kepala jenazah haru dihadapkan ke arah bahu kanan. 
Jenazah haru dihadapkan ke timur, kea rah mekah yang die but kalmia diucapkan.
Yahudi 
Sirkumksisi pada hari ke - 8 untuk Yahudi
Jenazah dimandikan oleh anggota penguburan dan seseorang harus berada di dekat jenazah untuk Yahudi Ortodoks dan konservatif .
Kristen 
Ritual beragam
Banyak melakukan pembabtis.
Ritual sangat beragam di antara kelompok
mungkin memberikan komuni terakhir 
memilih kuburan daripada kremasi.
Gereja jesus Christ of later-day saints (mormon)
Pembabtisan dengan perendaman 
Banyak yang melakukan komuni terakhir.
Lebih memilih penguburan daripada kremasi.
Dorongan dan Pertumbuhan
Farran et al. (1989) merekomendasikan pengkajian tentang sumber yang memberikan nuansa dorongan (harapan) pada masa lalu bagi klien. Pengkajian mencakup tinjauan apakah klien membiarkan keyakinan lama terpendam dengan harapan bahwa keyakinan baru akan muncul. Hal ini penting karena kehilangan harapan dapat menyebabkan keputusasaan. Misalnya, seseorang dengan kecacatan fisik merasa tetap mandiri dan dapat berfungsi dapat menjadi sumber dorongan atau mempunyai harapan untuk menghadapi kesulitan. Jika penyakit membuat seseorang lebih bergantung, dapatkah sumber baru muncul? Misalnya, pilihan apa yang akan tersedia untuk mempelajari apakah rasa identitas atau makna dalam hidup yang telah diberikan oleh autonomi klien. Autonomi dapat dikenali melalui kemampuan klien dalam membuat keputusan ketimbang melalui ketergantungan klien pada integritas fisik.
Harapan telah diidentifikasi sebagai suatu komponen esensial dari kesehatan oleh klien AIDS atau kanker (Fryback, 1992). Harapan memotivasi seseorang untuk meraih sesuatu. Harapan berorientasi masa depan dan pernyataan antisipasi yang berlanjut baik. Elemen umum dari harapan mencakup masa depan, tindakan yang ditunjukkan untuk  masa depan, dan hasil yang positif (Fryback, 1992). Bahkan dalam menghadapi penyakit terminal, harapan penting bagi seseorang untuk menghadapi tantangan dalam hidup.
Panggilan dan Konsekuensi
Individu mengekspresikan spiritualitas mereka pada rutinitas sehari-hari, pekerjaan, hubungan, dan bidang lainnya. Hal tersebut dapat menjadi panggilan dalam hidup dan menjadi bagian dari identitas mereka. Perawat mencoba untuk menentukan apakah penyakit atau perawatan di rumah sakit telah mengubah kemampuan seseorang untuk mengekspresikan spiritualitas mereka. Mengekspresikan spiritual seseorang berbeda dengan mempraktekkan ritual. Mengekspresikan spiritual termasuk memperlihatkan penghargaan terhadap kehidupan dalam berbagai hal yang mereka lakukan, hidup pada saat ini dan tidak mengkuatirkan tentang hari esok, menghargai alam, dan mengekspresikan cinta yang ditujukan kepada orang lain. Perawat mengkaji apakah, dalam menghadapi penyakit, klien kehilangan kemampuan untuk mengekspresikan rasa keterhubungan dengan sesuatu yang lebih besar dari dirinya (Fryback, 1992). Jika penyakit dipandang sebagai suatu pengorabanan atau ancaman dan menghambat seseorang untuk meninjau panggilannya, apakah implikasinya secara psikologis, social, dan spiritual.
Ø Diagnosa Keperawatan
Ketika meninjau pengkajian spiritual dan mengintegrasikan informasi tersebut ke dalam diagnose keperawatan yang sesuai, perawat harus mempertimbangkan status kesehatan klien terakhir dari perspektif holistic, dengan spiritual sebagai prinsip kesatuan. Perawat akan menghadapi klien dalam berbagai situasi dan selama masa sehat dan sakit. Selama peristiwa seperti kelahiran, penyakit, nyeri, penderita, aktivitas kehidupan sehari-hari dan kematian, seseorang mempunyai pengalaman yang menciptakan pilihan. Pilihan dalam hidup terinterelasi dengan spiritualitas seseorang (Farran et al, 1989). Beberapa pilihan mengarah pada perluasan fungsi (peningkatan hidup). Pilihan lainnya menghasilkan pemeliharaan dari pertimbangan spiritual seseorang dan pemahaman praktis tentang spiritualitas. Akhirnya, ada pilihan yang mengarah pada perubahan berfungsi seperti ketidakmampuan untuk menemukan makna dari peristiwa dalam kehidupan. Untuk dapat mendukung klien, perawat harus berfokus tidak hanya pada perubahan yang terjadi dalam mfrtfungsi, tetapi juga pada pilihan yang memberikan kekuatan, harapan, dan dorongan selama waktu mengalami penyakit.
Diagnosa keperawatan yang secara relatif baru, yaitu kesejahteraan spiritual, potensial untuk ditingkatkan, didasarkan pada batasan karakteristik yang menunju kkan suatu pola kesejahteraan dan keterhubungan yang berasal dari kekuatan dari dalam (Kim, et al, 1995). Jika pengkajian perawat menunjukkan bahwa klien mempunyai harapan dan keyakinan dari dalam. Percaya terhadap kekuatan yang lebih tinggi, mempunyai tujuan dan makna dalam hidup, dan mengekspresikan dengan diri dan orang lain, maka kesejahteraan spiritual adalah diagnose yang mungkin. Adanya pernyataan tentang kehidupan ini menunjukkan bahwa klien mempunyai sumber yang dapat dikerahkan ketika di hadapan pada diagnose keperawatan lain seperti nyeri kronis, perubahan sensori atau persepsi, atau gangguan citra tubuh.
Mungkin terhadap situasi saat perawat akan mengumpulkan batasan karakteristik dari pengkajian data dasar dan menemukan pola yang menverminkan keputusan klien (lihat kotak proses diagnosis di hlm. 575). Berfikir kritis membutuhkan penelaahan data konkret (mis. Praktek  keagamaan dan sumber persahabatan). Juga pengkajian tentang pengalaman klien masa lalu, kesadaran spiritual perawat sendiri, dan indra intuitif tentang kekuatan spiritual klien.
Contoh Proses Diagnosa Keperawatan untuk Kebutuhan Kesehatan yang Berhubungan dengan Spiritualitas.
AKTIVITAS PENGKAJIAN
BATASAN KARAKTERISTIK
DIAGNOSA KEPERAWATAN
Minta klien untuk menggambarkan apa yang memberi nilai pada kehidupan
Mengekspresikan kekuatiran terhadap makna hidup sebagai akibat penyakit terminal
Distres spiritual yang berhubungan dengan tantangan terhadap keyakinan akibat penderitaan
Tanyakan bagaimana klien merasakan penyakit yang diderita
Klien menyatakan “Tuhan sedang menghukum saya.” Menangis ketika ditanyakan tentang penyakit

Terapkan apakah penyakit telah mengubah cara klien mematuhi ritual keagamaan
Mengeluh bahwa ia berdoa lebih sering tetapi tidak merasa bahwa Tuhan memaafkannya

Minta klien untuk menggambarkan siapa yang membentuk system pendukung mereka
Klien mengeluhkan hubungan dekat dengan pasangan dan saudara perempuannya.
Koping, individu tidak efektif yang berhubungan dengan perasaan kehilangan setelah kematian.
Apakah mereka member respons terhadap perubahan yang klien alami sejak terjadi kehilangan?
Saudara perempuannya tidak mampu memberikan kenyamanan; berduka telah membuatnya menjauhi klien 


Suami adalah satu-satunya sumber dukungan

Tetapkan apakah klien mempunyai gejala fisik setelah terjadi kehilangan 
Klien mengalami insomnia dan kehilangan nafsu makan

Tanyakan klien apakah makna kehilangan terhadap pandangan hidupnya
Kehilangan anaknya dipandang sebagai tidak adil, ia tidak lagi dapat menemukan makna dalam hidupnya

Batasan karakteristik harus divalidasi dan diklarifikasi dengan klien sebelum dibuat rencana perawatan. Pada perawatan spiritual, kepentingan aspirasi spiritual perawat sendiri, inspirasi, dan persepsi tidak saling tumpang tindih. Perawat menghindari memaksakan keyakinan pribadinya pada klien. Setiap diagnosis harus mempunyai faktor yang berhubungan dan akurat sehingga intervensi yang dihasilkan dapat bermakna dan langsung (lihat kotak diagnosa keperawatan di kanan bawah).
Ø Perencanaan
Ketika perawat dan klien mengidentifikasi bahwa klien mempunyai kebutuhan spiritual, penting artinya bagi perawat dan klien untuk berkolaborasi dengan erat saat membuat rencana perawatan. Keharuan dan perasaan kasih harus dengan jelas dikomunikasikan antara perawat dank lien. Hal ini dapat dimulai dengan pengkajian yang dirancang dengan baik, tetapi hubungan perawat-klien harus berlanjut didasarkan pada rasa kasih dan saling percaya agar intervensi menjadi efektif. Komunikasi akan menjadi suatu tema yang terintegrasi untuk apapun intervensi keperawatan yang dipilih. Sifat personal dari spiritualitas mengharuskan klien mampu mengungkapkan secara terbuka dengan perawat dan mengenaliminat perawat dalam kebutuhannya.
Orang terdekat, seperti pasangan, saudara kandung, orang tua dan teman harus dilibatkan, jika memungkinka, untuk memberikan dukungan. Hal ni berarti bahwa perawat mempelajari dan pengkajian bentuk hubungan seperti apa yang terjalin antara individu atau kelompok. Individu tersebut mungkin akan terlibat dalam semua tingkat perawatan klien. Jaringan dukungan klien dapat membantu dalam memberikan perawatan fisik, memberikan ketenangan emosional, dan saling berbagi dukungan spiritual.
Jika klien berpartisipasi dalam suatu agama yang formal, maka anggota dari kependetaan atau anggota gereja, candi, masjid, atau sinagoge mungkin harus dilibatkan dalam perencanaan perawatan. Bergantung pada status dan kebutuhan klien ; sebagaidari perencanaan akan melibatkan kesinambungan ritual keagamaan yang sesuai. Perawat harus meyakinkan bahwa setiap material keagamaan seperti kitab suci atau buku petunjuk doa tersedia.
Dalam menetapkan rencana perawatan, terdapat tiga tujuan untuk pemberian perawatan spiritual ( Munley, 1983 ) ;
1. Klien merasakan perasaan percaya pada pemberi perawatan.
2. Klien mampu terikat dengan anggota sistemm pendukung.
3. Klien pribadi klien tentang makna ( hidup ) meningkat.
Contoh Diagnosa Keperawatan NANDA untuk Spiritualitas
Kesejahteraan spiritual, potensial untuk ditingkatkan yang berhubungan dengan:
Ø Penyembuhan dari penyakit akut
Ø Pengalaman mendekati kematian (NDE)
Ø Menghadapi penyakit kronis
Distres spiritual yang berhubungan dengan:
Ø Konflik nilai
Ø Isolasi oleh orang lain
Ø Takut yang diakibatkan oleh diagnosa AIDS
Ø Perpisahan dari denominasi keagamaan
Koping, individu tidak efektif yang berhubungan dengan:
Ø Kurang sistem pendukung
Ø Individuasi
Ø Gejala penyakit kronis
Ansietas yang berhubungan dengan:
Ø Ancaman kematian
Ø Perubahan dalam status kesehatan
Keputusasaan yang berhubungan dengan:
Ø Kehilangan keyakinan kepada Tuhan
Ø Diabaikan oleh keluarga
Gangguan harga diri yang berhubungan dengan
Ø Kecanduan obat
Ø Kehilangan kemandirian
Contoh rencana asuhan keperawatan untuk kesejahteraan spiritual
Tujuan
Hasil yang diharapkan
Intervensi
Rasional
Klien memperbarui hubungan dengan anggota keluarga dalam 1 bulan.
Klien menyediakan waktu malamnya, 5 hari Selama satu minggu,untuk membina hubungan dengan suami dan anaknya (yang akan dipenuhi dalam 2 minggu).
Minta klien memodifikasi jadwal malam harinya 5 hari Selma satu minggu untuk memberikan waktu guna membina hubungan dengan keluarganya.
Dengan menjadwalkan waktu dengan kluarga akan memberi kesempatan bagi individu membantu keluarga melihat kebutuhan individu untuk memperbarui hubungan.


minta klien menceritakan kejadian yang memberikan kenangan tentang keluarganya mengenai pengalaman keluarga yang positif dan membahagiakan
kebutuhan menceritakan kejadian memungkinkan timbulnya pola yang menggambarkan cara klien menjalani hidupnya dengan penuh makna.membantu keluarga memahami satu sama lain (heliker,1992).

klien mampu mengekspresikan secara terbuka dengan keluarga yang ia cintai dan hargai dari setiap anggota keluarganya (yang dipenuhi dalam satu bulan)
Minta klien mendiskusikan dengan keluarga tentang makna hidupnya saat ini bagi dirinya,setelah didiagnosa kanker payudara. 
Situasi yang dipandang dari sudut pandang individu akan meningkatkan pemahaman dan sensitivitas di pihak keluarga .


berikan dorongan kepada klien untuk mendiskusikan bagaimana penyakit telah mengubah kebutuhannya untuk menunjukkan cintanya kepada keluarganya.
Klien yang menghadapi penyakit terminal menemukan bahwa mencintai orang lain dan membiarkan orang lain mencintainya adalah bagian dari kesehatan (fryback,1992).
klien meraih kesadaran diri lebih tinggi.
Klien mampu menyusun tujuan hidupnya (yang dipenuhi dalam 1bulan).
Selama kunjungan klinik,minta klien mendiskusikan makna kesehatan yang ia miliki dalam hidup dan dampak dari penyakit yang ia alami.gunakan diskusi untuk membantu klien menemukan jalan baru untuk mengetahui makna hidupnya.
Penyampaian kesadaran diri yang lebih tinggi mencangkup mempunyai kesadaran tentang diri,menjalani potensi yang dimiliki,dan menemukan makna dalam hidup(fryback,1992).


 Gunakan ketrampilan mendengar pertanyaan langsung yang memberi waktu untuk refleksi tentang bagaimana penyakit telah mempengaruhi nilai dan filosofi hidup klien.
Pencapaian suatu kesadaran tentang makna dari penyakit seseorang dan bagaimana bergerak ke arah depan memampukan seseorang untuk menyusun kembali prioritas dan mencapai kesadaran diri lebih baik.


minta klien menetapkan tujuan realistis yg memaksimalkan potensinya dan yang melibatkan anggota kluarga.
Mendengarkan memungkinkan seseorang untuk masuk kedalam kerangka acuan orang lain,memahami pandangannya tentang dunia,dan mengembangkan suatu hubungan empati dengannya (burnard, 1987)
Berupaya untuk mencapai pemahaman dan penerimaan tentang diagnosa seseorang sering menyebabkan klien sakit termina menegakkan kembali tujuan yang memelihara hubungan interpersonal(fryback, 1992)
Ø Implementasi 
Jika klien mengalami distress spiritual atau mempunyai masalah kesehatan yang menyebabkan keputusasaan, maka akan timbul perasaan kesepian. Klien akan merasa terisolasi dari orang yang biasanya memberikan dukungan. Apapun keragaman intervensi yang mungkin dipilih oleh perawat untuk klien, hubungan mengasihi dan saling memahami penting. Baik klien dan perawat harus merasa bebas untuk merelakan dan menemukan bersama makna penyakit yang dialami klien dan dampaknya pada makna dan tujuan hidup klien. Pencapaian tingkat pemahaman ini bersama klien memampukan perawat memberi perawatan dengan cara yang sensitive, kreatif , dan sesuai. 
Menetapkan Kehadiran 
Klien telah melaporkan bahwa kehadiran perawat dan aktivitas pemberi perawatan menunjang adanya perasaan sejahtera dan memberikan harapan untuk pemulihan ( Clark et al. 1991 ). Perilaku pemberian perawatan spesifik yang menunjukkan kehadiran perawat meliputi memberi perhatian, menjawab pertanyaan, dan mempunyai sikap positif dan memberikan dorongan (tetapi realistis). Kemampuan untuk menciptakan kehadiran adalah suatu kiat keperawatan. Kiat ini bukan hanya melakukan prosedur dengan cara yang sangat cepat atau berbagai informasi teknis dengan klien yang mungkin tidak bermakna. 
Benner (1984) mengklarifikasi bahwa kehadiran melibatkan “ada bersama” klien versus “melakukan untuk” klien. Kehadiran adalah mampu memberikan kedekatan dengan klien, secara fisik, psikologis, dan spiritual. 
Perawat dapat  menunjukkan adanya rasa kehadiran dalam bernagai cara yang tidak menyolok: 
a. Melakukan pijat punggung dengan penyegaran 
b. Sentuhan yang lembut ; dengan hati-hati memposisikan klien tanpa menimbulkan rasa nyeri ; dengan halus memberikan perawatan mulut, dan bekerja bersama klien untuk dengan lambat dan berhati-hati bergerak dari tempat tidur ke kursi. 
Memberikan sentuhan yang menyegarkan dan mendukung, menunjukkan rasa percaya diri, dan menyediakan waktu bagi klien ketika terapi diberikan akan membantu menciptakan kehadiran. Klien yang sakit mengalami kehilangan control dan mencari seseorang untuk memberikan arahan dan perawatan yang kompeten. Perawat secara tepat menggunakan tangan, memberikan kata-kata yang mendukung, dan menggunakan pendekatan yang tenang dan desesif akan menciptakan kehadiran yang membangun kepercayaan dan kesejahteraan. 
Rasa percaya adalah dasar untuk segala hubungan. Sikap yang perawat tunjukan ketika memasuki ruangan klien membentuk suatu intonasi untuk interaksi. Perawat harus membuktikan bahwa ia dapat diandalkan dan dipercaya. Perhatian yang cermat terhadap setiap permintaan klien, tidak perduli betapa pun remehnya, penting bagi klien. Menunjukkan kehadiran, memperlihatkan sikap mengasihi, dan melakukan perawatan secara mapan, mengomunikasikan kepada perawat kepercayaan yang dibutuhkan untuk hubungan perawat-klien yang kuat. 
Mendukung Hubungan yang Menyembuhkan 
Seorang perawat yang ahli belajar untuk melihat lebih jauh batasan masalah klien yang terisolasi dan mengenali gambaran tentang kebutuhan klien yang lebih luas. Hal ini menerapkan pandangan holistic terhadap masalah kesehatan klien. Misalnya, perawat tidak hanya melihat pada nyeri punggung klien sebagai masalah yang harus diselesaikan dengan Pcepat menggunakan obat, tetapi lebih kepada bagaimana nyeri telah mempengaruhi kemampuan klien untuk berfungsi dan mencapai tujuan yang telah mempengaruhi kemampuan klien untuk berfungsi dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan dalam hidupnya. Pandangan holistic telah memampukan perawat untuk menetapkan peran membantu, digambarkan oleh Benner (1984) sebagai salah satu domain praktik keperawatan. Kompetensi yang didapat perawat dalam domain membantu dipelajari untuk menciptakan hubungan yang menyembuhkan. 
Benner (1984) mendefinisikan tiga langkah yang ternyata terbukti ketika hubungan yang menyembuhkan terbina antara perawat dank lien : 
1. Mengerahkan harapan bagi perawat, demikian juga halnya bagi klien. 
2. Menemukan interpretasi yang dapat diterima atau memahami tentang penyakit, nyeri, ketakutan, ansietas, atau emosi yang menegangkan. 
3. Membantu klien menggunakan dukungan social, emosional, dan spiritual. 
Inti dari hubungan yang menyembuhkan adalah mengerahkan harapan klien. Harapan adalah motivator untuk merangkul individu dengan strategi yang dibutuhkan untuk menghadapi segala macam tantangan dalam hidup. Perawat dapat membantu klien menemukan hal-hal yang dapat dijadikan sebagai harapan. Klien yang menderita penyakit terminal mungkin berharap dapat menghadiri hari wisuda anak perempuannya atau untuk menjalani hidup setiap hari dengan penuh makna. Klien yang akan menjalani bedah abdomen karena obstruksi usus mungkin mengharapkan peredaan nyeri dan segera dapat kembali ke rumah. 
Harapan mempunyai implikasi baik jangka pendek maupun jangka panjang dalam perawatan klien. Harapan berorientasi masa depan dan membantu klien berupaya ke arah penyembuhan. Untuk membantu klien mencapai harapan, perawat dan klien bekerjasama untuk menemukan suatu interpretasi tentang situasi yang dapat diterima oleh kedua belah pihak. Kemudian perawat membantu klien untuk menggunakan sumber yang tersedia bagi dirinya. Sumber ini dapat mencakup sikap positif klien terhadap hidup, keinginan untuk selalu diberitahu tentang kondisi dan membuat keputusan yang masuk akal, atau keingingan mencoba terapi yang berbeda. Misalnya, klien dengan nyeri abdomen mungkin mampu menerima fakta bahwa nyerinya mungkin sebentar karena proses penyembuhan. Jika klien adalah seseorang yang biasanya mandiri dan merasa perlu untuk selalu dapat mengontro diri, maka perawat dapat memberikan beberapa pilihan terapi untuk penatalaksanaan nyeri dan meminta klien untuk membuat keputusan yang masuk akal. 
Untuk mendukung lebih lanjut hubungan yang menyembuhkan perawat harus tetap menyadari tentang kekuatan dan kebutuhan spiritual klien. Penting bagi klien untuk mampu mengekspresikan dan menelaah keyakinannya. Perawat yang menghargai kepercayaan klien dan mengenali pengaruh spiritualitas yang diberikan terhadap penyembuhannya akan dirasakan oleh klien sebagai sumber harapan (Clark et al 1991). Ketika penyakit atau pengobatan menimbulkan kebingungan atau ketidakpastian bagi klien, maka perawat harus mengenali dampak dari hal ini terhadap kesejahteraan klien. Sumber spiritual apa yang dapat diperkuat ? Perawat dapat memulai dari apa yang klien ketahui dan kemudian memberikan informasi terbaik untuk menghilangkan ketidakpastian klien. Klien mungkin juga meminta kehadiran keluarga atau teman untuk mempertahankan persahabatan yang diperlukan untuk penyembuhan. 
Sistem Dukungan 
Dalam studi yang melibatkan klien Yahudi dan Kristen, Clark et al (1991) mengetahui bahwa system pendukung memberi mereka rasa sejahtera terbesar selama perawatan di rumah sakit. System pendukung berfungsi sebagai hubungan manusia yang menghubungkan klien, perawat, dan gaya hidup klien sebelum terjadi penyakit. Bagian dari lingkungan pemberi perawatan klien adalah kehadiran teratur dari keluarga dan teman yang dipandang oleh klien sebagai pendukung. Perawat merencanakan perawatan bersama klien dan jaringan pendukung klien untuk meningkatkan ikatan interpersonal yang sangat penting untuk penyembuhan. System pendukung sering memberi sumber kepercayaan yang memperbarui jati diri spiritual klien. Keluarga dan teman mungkin juga menjadi sumber penting dalam melakukan ritual kebiasaan keagamaan yang dianut klien. 
Setelah mengkaji fungsi keluarga dan teman yang berperan dalam hidup klien, perawat dapat mendorong mereka untuk mengunjungi klien secara teratur. Jika keluarga dan teman ditemukan sebagai sumber spiritual bagi klien, maka mereka dapat menjadi sumber terapi yang sangat baik. Dorongan perawat kepada keluarga untuk menjadi diri mereka sendiri dapat memudahkan kemampuan keluarga untuk memberikan ketenangan spiritual yang mampu mereka berikan. Seringkali penyakit dan lingkungan pengobatan menimbulkan begitu banyak ketidaktahuan dimana keluarga dan teman terintimidasi. Perawat dapat sangat efektif dalam membantu keluarga diterima dengan baik dan mengetahui bahwa dukungan dan kehadiran mereka adalah bagian penting dari penyembuhan klien. Melibatkan keluarga dalam aktivitas pendoaan adalah suatu tindakan yang sangat bijaksana jika hal ini sesuai dengan agama klien, dan anggota keluarga dengan nyaman ikut serta. Memberikan dorongan kepada keluarga untuk membawa symbol keagamaan yang bermakna dapat menjadi sumber konsolidasi dan dukungan spiritual. 
Sumber penting lainnya bagi klien adalah penasihat spiritual dan anggota dari kerohanian. Perawat harus menanyakan kepada klien apakah klien menginginkan penasihat spiritual mereka diberitahu tentang perawatan mereka di rumah sakit. Semua penasihat spiritual harus dibuat nyaman di unit keperawatan. Jika diinginkan oleh klien atau keluarga, maka perawat harus terus memberi tahu penasihat spiritual tentang kekuatiran psikologis, psikososial, dan spiritual klien. Hal ini membantu dalam memberikan perawatan kesehatan yang holistic. Perawat menunjukkan respek terhadap kebutuhan dan nilai spiritual klien dengan sukarela bekerjasama dengan orang lain yang memberikan perawatan spiritual dan memudahkan pemberian pelayanan rohani dan ritual. 
Memberikan privasi bagi klien dan penasihat spiritualnya adalah tindakan yang sensitive dan bijaksana. Jika perawat merasa tidak pasti tentang rutinitas agama klien, menanyakan kepada penasihat spiritual, keluarga, atau klien adalah tindakan yang sesuai. Seringkali klien yang di rawat di rumah sakit ingin mendiskusikan tentang perhatian spiritualnya pada malam atau tengah malam, ketika pelayanan pendukung seperti rohaniawan dan pekerja social tidak ada. Perawat dapat melakukan banyak hal untuk memenuhi kebutuhan klien, cukup dengan mendengarkan. 
Berdoa 
Tindakan berdoa adalah bentuk “dedikasi-diri” yang memungkinkan individu untuk bersatu dengan Tuhan atau yang maha kuasa (McCullough, 1995). Berdoa memberi kesempatan kepada individu untuk memperbarui kepercayaan dan keyakinannya kepada yang maha kuasa dalam cara yang lebih formal. Bagi banyak orang, berdoa adalah suatu kesempatan untuk meninjau kembali kelemahan yang mereka rasa dan  untuk membuat komitmen hidup yang lebih baik. Klien dapat berpartisipasi dalam berdoa secara pribadi atau atau mencari kesempatan untuk kelompok berdoa dengan keluarga, teman, atau kelompok rohaniawan. 
Berdoa telah ditemukan sebagai suatu sumber yang efektif bagi seseorang untuk mengatasi nyeri, stress, dan distress. Suatu studioleh Turner dan Clancy (1986)mengidentifikasi bahwa dengan meningkatkan berdoa dan berharap, klien nyeri pinggang kronis telah menunjukkan penurunan intensitas nyeri. Yang juga sudah diteliti adalah bahwa berdoa dapat mencakup perubahan kardiovaskuler dan relaksasi otot. Sering kali berdoa menyebabkan seseorang merasakan perbaikan suasana hati dan merasakan kedamaian dan ketenangan. Selama pengkajian perawat mengetahui apakah berdoa merupakan ritual penting bagi klien dan kemudian menentukan apakah intervensi dibutuhkan sehingga berdoa dapat dilakukan. Intervensi dapat mencakup membentuk privasi, mendorong kunjungan dari rohaniawan, atau berdoa  bersama klien. 
Terapi Diet 
Makanan dan nutrisi adalah aspek penting dari asuhan keperawatan. Makanan juga komponen penting dari kepatuhan keagamaan. Seperti halnya kultur atau agama tertentu, makanan dan ritual sekitar persiapan dan penyajian makanan dapat menjadi bagian penting dari spiritualitas seseorang. 
Agama Hindu mempunyai banyak pentangan diet. Beberapa sekte adalah penganut vegetarian, mempercayai bahwa membunuh segala makhluk hidup adalah suatu tindakan criminal. Banyak orang yang beragama Budha juga vegetarian. Sebagian besar penganut agama Budha mempraktikan moderasi dan tidak menggunakan alcohol, tembakau, atau obat-obatan dan berpuasa pada hari khusus agama. 
Makan daging babi dan mengonsumsi alcohol adalah larangan dalam agama Islam. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Ramadhan adalah bulan berpuasa pada siang hari. Orang yang sakit, wanita hamil, dan ibu yang sedang menyusui dibebaskan dari ritual berpuasa. Yahudi, Ortodoks, Konservatif dan sebagian Yahudi Reformasi sangat ketat mematuhi hokum halal dalam diet, yang melarang makan daging babi dan kerang. Selain itu, daging dan susu, atau produk dari susu, tidak dapat dimakan bersamaan waktunya, harus dimakan 6 jam kemudian setelah makan atau minum. Yahudi juga mempunyai peraturan tentang persiapan makan untuk tetap menjaga makanan tetap “halal” atau “terberkati.” 
Sebagian tradisi Kristen, seperti Adven Hari Ketujuh, mempunyai peraturan diet. Kelompok lainnya, seperti Evangelikan melarang penggunaan alcohol, kafein, dan tembakau. Sebagian penganut Adven Hari Ketujuh mungkin menolak makananyang mengandung daging. Saksi Yehova menghindari makanan yang disiapkan dengan atau mengandung darah, seperti saus darah atau marus. Banyak penganut Katolik Roma, yang berusia lebih dari 7 dan dibawah 65 tahun, jika kesehatan memungkinkan, berpuasa atau tidak makan daging pada Rabu Abu (yang menandai dimulainya bulan puasa Masehi, biasanya pada akhir Pebruari) dan Jumat Agung (hari Jumat sebelum Paskah). Katolik Ortodoks mungkin berpuasa selama bulan puasa bulan puasa Masehi dan tidak makan daging dan produk dari susu pada hari Jumat. Beberapa sempalan agama Kristen mungkin berpuasa 1 sampai 6 jam sebelum komuni. Semua ritual berpuasa tidak dilakukan saat sakit, hamil, atau menyusui. 
Perawat dapat mengintregasikan pilihan diet klien ke dalam perawatan sehari-hari. Hal ini akan membutuhkan konsultasi dengan ahli gizi dari institusi perawatan kesehatan. Pada situasi ketika dapur rumah sakit atau rumah perawatan tidak dapat menyiapkan makanan dengan cara yang dipilih, keluarga diizinkan untuk membawa makanan yang sesuai dengan semua pantangan diet yang diberlakukan oleh kondisi klien. 
Mendukung Ritual 
Bagi banyak klien, kemampuan untuk menelaah ritual keagamaan adalah suatu sumber koping yang penting. Hal ini terutama benar bagi seorang lansia. Perawat yang bertugas di lingkungan perawatan akut dan perawatan jangka penjang menjadi aktif dalam perawatan spiritual klien, mereka membekali diri dengan kebijakan rumah sakit mengenai kunjungan, pelayanan gereja, dan semua hal-hal yang berkenan dengan itu seperti penggunaan lilin utnuk berdoa. Selain itu, perawat dapat berkonsul dengan dokter dan farmasi tentang penggunaan obat-obat pribadi klien, ramuan tradisional, atau medikasi herbal, jika memungkinkan. Karena kunjungan ke Kapel atau Musola rumah sakit menghadiri suatu pelayanan mungkin penting bagi klien yang dirawat di rumah sakit dan keluarganya, pengarahan tentang Kapel atau Musola harus dicakupkan selama orientasi pada fasilitas medis. Pengaturan mungkin diperlukan dengan pastoran dari departemen perawatan bagi klien dan keluarganya sehingga dapat menerima sakramen. Perawat merencanakan perawatan pribadi, terapi, atau pemeriksaan untuk memungkinkan pelayanan dari tempat ibadah, pembacaan keagamaan, atau kunjungan spiritual. 
Dalam lingkungan rumah, perawat mungkin harus menemukan cara untuk memadukan pelayanan keagamaan. Banyak gereja membuat rekaman suara setiap minggu tentang pelayanan keagamaan untuk jemaat di rumah. Anggota keluarga dapat merencanakan sesi sembahyangan atau suatu pembacaan alkitab secara teratur. Kependetaan akan secara rutin memberikan tawaran untuk kunjungan rumah bagi seseorang yang tidak mampu menghadiri pelayanan keagamaan. Meditasi dan music keagamaan yang direkam dan pelayanan keagamaan yang ditayangkan di televisi memberikan pilihan lain yang efektif. 
Ø Evaluasi 
Pencapaian kesehatan spiritual dapat dianggap sebagai tujuan sepanjang hidup. Klien akan mengalami pentingnya mengklarifikasi nilai, membentuk kembali filosofi, dan menjalani pengalaman yang membantu membentuk tujuan seseorang dalam kehidupan. Ketika merawat klien, perawat mengevaluasi apakah intervensi keperawatan membantu menguatkan spiritualitas klien. Perawat membandingkan tingkat spiritual klien dengan perilaku dan kebutuhan yang tercatat dalam pengkajian keperawatan. Klien harus mengalami emosi sesuai dengan situasi; mengembangkan citradiri yang kuat dan realistis; dan mengalami hubungan interpersonal yang terbuka dan hangat. Keluarga dan teman, dengan siapa klien telah membentuk persahabatan dapat dijadikan sumber informasi evaluatif. Klien harus juga mempertahankan “misi” dalam hidup dan, bagi sebagian individu, percaya dan yakin dengan yang maha kuasa atau yang maha tinggi. 
Contoh Intervensi Evaluasi untuk Kesejahteraan Spiritual :
TUJUAN
TINDAKAN
HASIL YANG DIHARAPKAN
Klien memperbarui hubungan dengan anggota keluarga dalam 1 bulan.
ü Minta klien untuk menyimpan catatan buku harian aktivitas setiap malam dengan keluarga.
ü Masukan deskripsi tentang topic diskusi dan perasaan klien yang dimiliki sesudahnya.
ü Minta klien untuk menggambarkan kualitas hubungan dengan suami dan anak-anak.
ü Amati interaksi klien dengan anggota keluarga, catat subjek yang mampu mereka diskusikan.
ü Klien menyediakan waktu malamnya, 5 hari seminggu, untuk membina hubungan dengan suami dan anak-anak.
ü Klien mampu mengekspresikan secara terbuka dengan keluarga yang dicintai dan dihargai.
Bagi klien dengan penyakit terminal yang serius, evaluasi difokuskan pada keberhasilan membantu klien meraih kembali harapan. Perawat harus mengevaluasi kualitas hubungan perawat-klien. Apakah klien mengekspresikan rasa percaya dan yakin kepada perawat ? Apakah klien mampu mendiskusikan hal-hal yang penting dalam hidup ? Bagi klien dengan ansietas, ketakutan, dan pertanyaan yang bertubi-tubi, mungkin sebaiknya dilakukan penyesuaian kembali rencana perawatan. Sumber tambahan seperti penasihat atau anggota dari kongregasi gereja mungkin diperlukan. Akhirnya, klien yang kebutuhan spiritualnya terpenuhi mungkin menjdai tenang, bahkan ketika mengalami penyakit yang parah. 
Jika klien merasa nyaman mengekspresikan kebutuhan spiritual dan harapannya kepada perawat, maka telah terjadi hubungan efektif yang menyembuhkan. Kotak evaluasi yang disajikan meringkas contoh tindakan evaluatif yang digunakan untuk mencapai hasil dalam rencana perawatan spiritual. 
Asuhan keperawatan holistic mengintegrasikan intervensi yang mendukung spiritualitas klien. Untuk memberikan keperawatan spiritual, perawat harus memahami dimensi kesehatan spiritual dan mampu mengenali kesehatan spiritual seseorang. Sama artinya, setiap perawat harus mapu untuk memahami spiritualitas mereka sendiri sehingga ia dapat merasakan dan memberdayakan diri untuk memberi dukungan terhadap kebutuhan spiritual klien. 
Pengembangan hubungan perawat-klien yang mengasihi adalah inti dari pemberian perawatan spiritual. Tercapainya kehadiran dan keterbukaan bersama klien memberdayakan perawat untuk memberikan perawatan dalam cara yang sensitive, kreatif, dan sesuai. Perawat juga mempelajari untuk meng
arahkan harapan klien, sambil membentuk hubungan yang menyembuhkan. Hal ini membantu klien berorientasi pada masa depan dan mampu berupaya kearah penyembuhan dan pemulihan. 
ASUHAN KEPERAWATAN
Prioritas Diagnosa Keperawatan
Hari, tanggal, jam
No. DP
Diagnosa Keperawatan
Nama & TT Perawat

1.
Distres berdasarkan ketidakmampuan untuk melaksanakan ritual spiritual


2.
Kurangnya pengetahuan tentang penyakit yang dialami


3. 
Gangguan citra tubuh

Rencana Keperawatan
Hari, tanggal, jam
Dx. Keperawatan 
Tujuan dan kriteria hasil
intervensi
rasional
Nama & TT Perawat

Distres spiritual
Tujuan : diharapkan pasien dapat melaksanakan ritual spiritual.
KH :
Pasien dapat melanjutkan spiritual yang bukan merusak kesehatan.
Pasien dapat mengekspresikan penurunan perasaan bersalah.
Pasien mampu mengekspresikan kepuasan dengan kondisi spiritual. 
1. Kaji  faktor –  faktor penyebab distres spiritual.
2. Bantu individu dengan keterbatasan fisik dan berdoa.
3. Berikan privasi  dan ketenangan sesuai kebutuhan untuk berdoa setiap hari.
4. Bantu dalam menjalankan ibadah
1. Untuk mengetahui  sampai mana spiritual pasien.
2. Pasien dapat melaksanakn proses keagamaan.
3. Membantu ketenangan pasien dalam beribadah.
4. Menjaga kenyamanan pasien.


Kurangnya pengetahuan tentang penyakit yang dialami
Tujuan : agar pasien mengetahui penyakit yang dialaminya.
KH : 
Ansietas pasien bisa berkurang.
1. Berikan pendidikan kesehatan penyakitnyang dialami.
2. Evaluasi tingkat ansietas klien dan keluarga.
3. Jelaskan prosedur yang akan dilakukan pada pasien
1. Pasien dapat mengetahui penyakit yang dialami.
2. Dapat mengetahui tingkat kecemasan pasien.
3. Mengurangi kecemasan pasien dalam proses keperawatan.


Gangguan konsep diri
Tujuan : kepercayaan diri klien kembali normal.
KH :
Ø Pasien melakukan pola - pola penggulangan yang baru.
Ø Pasien mampu untuk melakukan perawatan diri.
Ø Pasien membuat ulang sistem pendukung yang ada.
1. Ciptakan hubungan saling percaya.
2. Mendorong pasien untuk menyatakan perasaan terutama tentang pendangan tentang dirinya.
3. Dorong pasien untuk melakukan aktivitas.
1) Pasien dapat menciptakan hubungan saling percaya.
2) Bantu pasien untuk menyatakan perasaanya.
3) Mendorong pasien untuk melakukan aktivitas.

Implementasi
Hari, tanggal, jam
No. Dx
Implementasi
Respon
Nama & TT Perawat


1. Mendeskripsikan faktor penyebab distres spiritual.
2. Membantu pasien dengan keterbatasan fisik dan berdoa.
3. Memberikan privasi dan ketenangan sesuai kebutuhan untuk berdoa setiap hari.
4. Membantu dalam menjalankan ibadah.
1. Ds : pasien mengatakan sudah dapat melakukan tindakan keagamaan.
Do : pasien tampak senang dapat melakukan ibadahnya.
2. Ds : pasien mampu melakukan perintah perawat.
Do : pasien koopertif.
3. Ds : pasien mengatakan dapat beribadah.
Do : pasien tampak bersungguh – sungguh dalam beribadah.
4. Ds : pasien mengatakan dapat menjalankan ibadah dengan khusuk.
Do : pasien tampak nyaman.


2.
1. Pasien dapat mengetahaui penyakit yang dialami.
2. Dapat mengetahui tingkat kecemasan pasien.
3. Mengurangi kecemasan pasien dalam proses keperawatan.
1. Ds : pasien mengatakan  mengetahui tentang penyakitnya.
Do : pasien tampak cemas.
2. Ds : pasien mengatakan sulit mengatasi rasa sakit.
Do : pasien tergolong :
a. Ringan ( diperkirakan )
b. Sedang (persepsi menyempit, sulit berkonsentrasi, mendapat kesulitan dalam menganalisa, tremor )
c. Berat ( persepsi sangat menurut, sangat kebingungan, tidak dapat konsentrasi, belajar sangat terganggu.
3. Ds : pasien mengatakan setuju dengan tindakan yang dilakukan perawat.
Do : pasien tampak tenang.



1. Membantu menciptakan hubungan saling percaya.
2. Memberikan dorongan kepada pasien untuk menyatakan perasaanya terutama tentang pandangan pada dirinya.
3. Mendorong pasien untuk melakukan aktivitas.
1. Ds : pasien mengatakan dapat menciptakan hubungan saling percaya.
   Do : pasien tampak lebih percaya.
2. Ds : pasien mengatakan apa yang sedang ia rasakan.
    Do : pasien tampak terbuka tentang dirinya.
3. Ds : pasien mengatakan dapat melakukan aktivitas.
    Do : pasien tampak ak aktif dalam melakukan aktivitas.

Evaluasi
Hari, tanggal, jam
No. Dx
Evaluasi
TT Perawat


S : pasien mengatakan dirinya merasa lebih baik. Pasien sudah mengerti tentang Distres Spiritual.
O : pasien terlihat lebih baik dan pasien mampu melakukan tindakan keagamaan.
A : masalah sudah teratasi.
P : intevensi dilanjutkan.



S : pasien mengatakan bahwa dirinya lebih baik.
O : pasien terlihat lebih baik dan dapat menjelaskan tentang gangguan Ansietas.
A : masalah sudah teratasi.
P : intervensi  dihentikan setelah 6 jam pertama..



S : pasien mengatakan lebih baik.
O : pasien terlihat lebih baik dan dapat menciptakan rasa percaya.
A : masalah sudah teratasi.
P : intervensi dilanjutkan.

BAB III
PENUTUP
3.1 KESIMPULAN 
A. 
Kesejahteraan spiritual adalah aspek terintegrasi dari kebutuhan manusia.
Religi secara umum berkaitan dengan “keadaan melakukan,” sementara spiritualitas berkaitan dengan “keadaan keberadaan.” 
Dimensi spiritual tidak sama dengan dimensi psikososial. 
Memahami spiritualitas klien membutuhkan kedewasaan dan pendekatan yang tidak menghakimi pada pihak perawat. 
Spiritualitas mewakili keberadaan totalitas seseorang dan berfungsi untuk menyatukan dimensi lainnya. 
Kesehatanspiritual tercapai ketika seseorang menemukan keseimbangan antara nilai hidup, tujuan hidup, system keyakinan, dan hubungan seseorang dengan diri sendiri atau orang lain. 
Penyakit akut dan kronis, penyakit terminal, individuasi, dan penglaman mendekati kematian (NDE) dapat menimbulkan masalah spiritual bagi klien. 
Belajar untuk mempraktikan rasa mengasihi membantu perawat menemukan nilai dan makna hidup klien. 
Mengkaji kapasitas klien untuk pengalaman keagamaan menentukan signifikasi spiritualitas yang dianut klien. 
Persahabata dengan orang lain dapat menjadi sumber harapan bagi klien.
Ritual keagamaan umum mencakup ibadat pribadi, berdoa, bernyanyi, atau penggunaan Rosario, dan pembacaan kitab suci. 
Pengkajian perawat tidak boleh berfokus hanya pada perubahan fungsi tetapi juga pada pilihan spiritual, yang memberikan kekuatan, harapan, dan dorongan selama waktu mengalami sakit. 
Sifat personal dari spiritualitas membutuhkan komunikasi terbuka antara perawat dank lien. 
Menegakkan kehadiran melibatkan pemberian asuhan, menjawab pertanyaan, mempunyai sikap yang memberi dorongan, dan menunjukkan rasa percaya. 
Terjadinya hubungan yang menyembuhkan mengarahkan harapan bagi klien dan membantu klien menemukan pemahaman yang dapat diterima tentang penyakit. 
Bagian dari lingkungan pemberi perawatan klien dapat secara teratur menghadirkan keluarga, teman, dan penasihat spiritual. 
Berdoa memberi seseorang kesempatan untuk memperbarui kepercayaannya pada Yang Maha Kuasa dengan cara yang lebih formal. 
Lansia menilai kemampuan untuk menguji ritual keagamaan. 
B.  Hubungan klien saat mengatasi rasa sakit.
pasien mengatakan sudah dapat melakukan tindakan keagamaan.
Pasien mampu melakukan apa yang diperintahkan oleh perawat.
Pasien mengatakan dapat menjalankan ibadah dengan khusuk.
Klien mengetahui tentang penyakit ansietas.
Klien sulit mengatasi rasa sakit yang di deritanya.
Klien mampu menciptakan hubungan saling percaya dan mampu melakukan aktivitasnya dengan baik.

3 komentar:

  1. sangat bagusuntuk tambahan wawasan ilmu keperawatan

    BalasHapus
  2. Lucky 15 Casino New Orleans, LA - Mapyro
    Find addresses, phone numbers, 익산 출장안마 reviews, opening 평택 출장안마 hours and a map of Lucky 김포 출장안마 15 Casino New Orleans, LA. 1 영주 출장안마 and 3 and 경주 출장마사지 in Louisiana- LA,

    BalasHapus